Minggu, 25 Maret 2012

Bestocol

entah kenapa, gak ada angin gak ada ujan guue lagi pingi ngeblog hari ini. sekali-kali gue pingin buat postingan yang rada berguna, gak cuma curhat curhat gaje.. :D

btw, dah pada tau bestocol itu apa..???
 nah, dibawah ini gue kasih sedikit rincian tentang bestocol:


KOMPOSISI
Per tablet : Paracetamol 500 mg, chlorpheniramine maleate 2 mg, phenylpropanolamine HCl 12.5 mg, guaifenesin 50 mg

INDIKASI
Menghilangkan gejala-gejala masuk angin dan flu.

KONTRA INDIKASI
Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes melitus, disfungsi hati berat.

PERHATIAN
Gangguan fungsi hati, glaukoma, pembesaran prostat, hipertiroidisme, retensi urin, anak berusia kurang dari 6 tahun, hamil, menyusui.
Dapat mengganggu kemampuan mengendarai kendaraan atau mengoperasikan mesin.
Interaksi obat :
- antihistamin dapat mempotensiasi depresan susunan saraf pusat lainnya.
- aksi diperpanjang oleh MAOI (penghambat mono amin oksidase).
- penggunaan Parasetamol jangka panjang dapat mempotensiasi antikoagulan oral.

EFEK SAMPING
Mengantuk, pusing, mulut kering, kejang seperti epilepsi (pada dosis besar), ruam kulit, gangguan lambung-usus, takhikardia, aritmia, palpitasi, retensi urin, kerusakan hati (pada dosis besar).

KEMASAN
Tablet 120 biji.

DOSIS
  • Dewasa dan anak berusia lebih dari 12 tahun : 3 kali sehari 1 tablet.
  • Anak berusia 6-12 tahun : 3 kali sehari ½ tablet.

  • PENYAJIAN
    Dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau tidak



    lho, rin ini cuma obat demam dan batuk biasa kan??? kenapa harus obat ini yang loe posting??

    nah, awalnya gue juga berfikiran sama dengan kalian kalian yang baca postingan ini, tapi setelah gue telusuri lebih jauh dari mbah google ternyata obat ini seharusnya udah larang edar. dan yang buat gue sedikit bingung, kenapa dosen gue, ngasih kami resep yang mengandung obat ini untuk praktikum nanti??? -____-"

    oke kembali ke jalan yang benar!!
    kenapa obat ini dilarang edar rin???
    ternyata, setelah BPOM (balai pengawas obat dan makanan) melakukan uji pada obat ini,  diketahui bahwa obat ini mengandung lebih 15 mg phenylpropanolamine (PPA)

    trus, PPA itu sebenarnya apa sih rin?? koq sampe dilarang edar..
    PPA ini sebenarnya obat yang dapat melonggarkan hidung tersumbat dengan cara menciutkan pembuluh darah disekitar mukosa hidung, istilahnya Vasokonstriksi perifer. masalahnya muncul ketipa pada tahun 2000, sebuah studi oleh yale university mengungkapkan bahwa PPA dapat menyebabkan stroke pendarahan/hemoragik.

    mengapa PPA dapat memicu resiko stroke????
    Stroke hemoragik dapat terjadi jika tekanan darah sangat tinggi, sehingga pembuluh darah tidak kuat menahannya, dan akibatnya robek. Seperti disebutkan di atas, PPA ini bersifat vasokonstriktor, yaitu menciutkan pembuluh darah. Jika digunakan dalam dosis kecil, terjadinya vasokonstriksi tadi relatif terlokalisir, terutama di pembuluh darah tepi yang ada di mukosa hidung, sehingga memberikan efek melonggarkan hidung tersumbat. Tetapi jika dosisnya cukup tinggi, maka penciutan pembuluh darah (vasokonstriksi) terjadi secara sistemik di seluruh tubuh. Hal inilah akan menyebabkan kenaikan tekanan darah yang signifikan, sehingga dapat memacu kejadian pecahnya pembuluh darah otak alias stroke hemoragik. 
    pertanyaan besarnya, masih aman kah menggunakan obat flu yang mengandung PPA??
    di Amerika serikat, segala obat yang mengandung PPA telah ditarik secara keseluruhan, sedangkan BPOm indonesia membatasi penggunaan PPA dalam obat flu tidak boleh lebih dari 15 mg karena dosis dibawah 15 mg masih dianggap aman. hsl yang sama juga dilakukan di philipina, australia dan beberapa negara lain.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar